Macam-macam Pisang


Macam-macam Pisang - Dari kekayaan alam Indonesia, ternyata pisang memiliki beberapa jenis. Ada buah pisang yang bisa dimakan langsung, rasanya manis dan segar. Namun ada juga jenis buah pisang tertentu yang harus diolah lebih dahulu untuk memakannya. Sebab jenis pisang ini tidak enak untuk dimakan langsung tanpa diolah lebih dahulu.. Beberapa jenis buah pisang diantaranya adalah pisang raja, pisang nangka, pisang ambon. pisang kepok, dan masih banyak jenis lainnya. Nah yang berikut diperkenalkan beberapa janis pisang dan olahannya, ini hanya beberapa saja.
  1. PISANG RAJA - Jenis pisang yang ini lezat rasanya namanya pisang raja. Umumnya buah pisang raja bentuknya melengkung. Kulit buahnya tebal, warnanya menjadi kuning agak orenge saat matang dengan bintik-bintik hitam. Makin matang kulitnya makin berbintik dan rasanya makin enak. Citarasa legit dan aromanya harum. Pisang raja ini enak disantap langsung dalam bentuk matang atau bisa juga diolah menjadi bahan tambahan kolak.
  2. PISANG KEPOK - Bentuk buah pisang kepok agak gepeng, bersegi dan memiliki sudut-sudut yang jelas. Kulit buahnya tebal dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda cokelat. Pisang kepok ini dapat membantu penyembuhan penyakit diantaranya batuk darah dan diabetes, karena dapat menjaga kadar gula dalam darah. Pisang kepok ini sangat cocok jika direbus atau digoreng. Bisa juga dibuat menjadi keripik pisang. 
  3. PISANG AMBON - Ciri-ciri pisang ambon yaitu berkulit halus dan berwarna kuning saat matang. Tekstur daging buahnya sedikit lembut dan berwarna krem. Aromanya harum mengundnag selera untuk menikmati, dan rasanya manis, enak yang membuat pisang ambon ini disukai semua orang. Buah pisang ambon in terbilang harganya mahal, dalam 1 tandan mentah di petani pisang bisa mencapai ratusan ribu Rupiah. Proses budidayanya agak sulit, mudah terserang penyakit. Namun saat ini pisang ambon sudah dibudidayakan dengan cara modern dan menghasilkan beberapa varian. Di warung-warung makan banyak tersedia jenis pisang ambon ini untuk pelengkap menu pelanggannya. Pisang ambon cocok untuk dibuat menjadi bolu atau cake pisang.
  4. PISANG RAJA SEREH - Pisang raja sereh memiliki ukuran yang kecil, kulitnya tipis dan ketika sudah matang berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Daging buahnya putih kekuningan dengan rasa manis khas dan aroma harum. Sebagian orang menyajikan pisang raja sereh ini dalam bentuk olahan kue nagasari atau kue pisang.
  5. PISANG TANDUK - Pisang tanduk banyak terdapat di Jawa Barat, pisang tanduk ini memiliki bentuk melengkung dan panjang seperti tanduk. Tidak seperti jenis lainnya, pisang tanduk produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya mampu menghasilkan palinbg tiga sisir. Kulit pisang tanduk agak tebal berwarna kuning kehijauan, berbintik cokelat saat sudah matang. Daging buahnya putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Pisang tanduk bisa membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung atau mual. Pisang tanduk yang matang sering dijadikan bahan baku pembuatan kolak.
  6. PISANG NANGKA - Pisang nangka banyak terdapat di Jawa Timur. Pisang nangka ini memiliki ukuran yang besar, panjangnya bisa mencapai 25 cm. Kulit pisang nangka ini tebal, daging buahnya berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan beraroma harum. Pisang nangka yang sudah matang dapat dibuat menjadi keripik ataupun pisang goreng.
Demikian pengenalan beberapa jenis pisang, tentu masih banyak lagi jenis lainnya. Semoga bisa menjadi referensi Anda untuk berkreasi membuat menu masakan berbahan dasar pisang.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa Tinggalkan Coment di bawah ini.

No comments:

Post a Comment