Tips Mencegah Diabetes

Tips Mencegah Diabetes

Tips Mencegah Diabetes - Diabetes adalah suatu penyakit yang dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi  seperti jantung, stroke, kerusakan pada organ kaki, kerusakan saraf, gagal ginjal, kerusakan mata, disfungsi seksual juga rentan terkena infeksi. penyakit diabetes masuk ke dalam daftar penyakit pembunuh manusia nomor tiga setelah penyakit jantung. 

Untuk mencegah penyakit diabetes ada beberapa tips, ikuti yang berikut :
  1. Ketahui penyebab diabetes. Pencegahan awal yaitu dengan mengetahui penyebab dari diabetes yaitu dimulai dari gaya hidup yang tidak sehat, pola makan dan lain sebagainya.
  2. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Kurangi konsumsi makanan manis agar menghindari kadar gula yang berlebih dalam tubuh. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula cenderung meningkatkan kadar gula darah. 
  3. Pastikan sarapan. Setiap hari sangat penting untuk sarapan terlebih dahulu. Ini akan mengurangi resiko terkena diabetes. Dengan sarapan yang sehat akan membantu untuk mengontrol nafsu makan juga membantu mengontrol konsumsi kalori. 
  4. Kurangi makanan berlemak. Makanan yang mengandung lemak cenderung dapat mempengaruhi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, hal ini juga mempengaruhi tingkat kadar gula dalam tubuh. 
  5. Perbanyak makan sayuran. Dengan memperbanyak konsumsi sayuran akan membantu untuk mencegah terkena diabetes. 
  6. Rutin berolahraga. Dengan berolahraga sangat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Berolahraga yang rutin setiap hari dapat menjadi solusi membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh dan juga berat badan akan stabil, meningkatkan sensitivitas hormon insulin. 
  7. Hindari stres. Hindari keadaan stres yang dapat mengakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah. 
  8. Istirahat cukup. Sebaiknya dalam setiap hari istirahat minimal 8 jam sehari, karena dengan cukup istirahat (tidur) maka hormon kirtosol semakin berkurang dan hormon insulin yang berfungsi sebagai pemecah glukosa akan bekerja secara optimal. 
  9. Kurangi porsi makan. Mengurangi porsi makan dapat membuat orang terkontrol berat badannya, tidak mengalami obesitas. Karena apabila berat badan berlebih maka resiko terserang diabetes lebih rentan.  
  10. Banyaklah minum air putih. Biasakan diri untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau lebih dalam sehari.
Demikian tips untuk berusaha mencegah terkena penyakit diabetes. Lakukan sedini mungkin, mulailah hidup sehat. Tidak ada salahnya untuk melaksanakan tips di atas. 
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment