TIPS MENGATASI KEJANG ANAK AKIBAT DEMAM TINGGI

TIPS MENGATASI KEJANG ANAK AKIBAT DEMAM TINGGI

TIPS MENGATASI KEJANG ANAK AKIBAT DEMAM TINGGI - Ketika anak sakit, khawatir menjadi sesuatu yang orang tua akan mengalami. Apalagi jika kenaikan suhu anak dan demam, terutama jika demam disertai dengan kejang-kejang. kejang demam biasanya terjadi pada beberapa anak. Sekitar 5% dari anak-anak dari 6 bulan sampai 6 tahun mengalami ini, terutama jika orang tua memiliki riwayat kejang demam sama seperti seorang anak. Anak-anak yang mengalami kejang pasti akan membuat orang tua panik. Apa yang harus dilakukan jika anak mengalami kejang demam? 
Kejang demam adalah kejam yang terjadi ketika seorang bayi atau anak mengalami demam yang tidak disebabkan oleh infeksi sistem saraf pusat. Kejang pada anak memerlukan perhatian karena kejang dapat terjadi berulang-ulang dan membahayakan. Jika anak terlalu sering mengalami kejang demam, ini dapat merusak sel-sel otak pada anak-anak. 

Jenis Kejang Karena Demam 

Berdasarkan durasi kejang dan seberapa sering terjadi, kejang dibedakan menjadi:
  1. Kejang Demam Sederhana, Ini adalah kejang yang terjadi pada seluruh tubuh dengan waktu yang lama kejang kurang dari 10 menit dan tidak terjadi lagi dalam waktu 24 jam.
  2. Kejang Demam Kompleks. Yaitu kejang lokal (tidak terjadi pada seluruh tubuh) yang umum di daerah lengan dan kaki. Penyitaan kompleks berlangsung selama lebih dari 10 menit dan terjadi lebih dari sekali dalam waktu 24 jam.
Jika Anda menduga anak memiliki kejang, bisa dicoba dengan melakukan hal ini:
  • Jika anak dalam posisi lengan dibengkokkan di siku, lalu perlahan-lahan mencoba untuk meluruskan lengan anak. Jika lengan dapat dengan mudah straighteneded berarti bahwa anak tidak mengalami kejang.
  • Jika anak berada dalam posisi lengan lurus, kemudian mencoba untuk perlahan-lahan menekuk lengan anak. Jika dapat dengan mudah ditekuk anak tidak mengalami kejang.
  • Sebaliknya, jika lengan sulit untuk meluruskan atau sulit untuk menekuk, kemungkinan besar anak mengalami kejang.
Berikut ini beberapa tips yang sudah terbukti untuk menghadapi anak kejang akibat deman tinggi:
  1. Panik adalah hal yang akan dialami jika orangtua anak mereka mengalami kejang. Namun, kepanikan tidak membuat keadaan lebih baik. Untuk menghadapi anak yang mengalami kejang, lakukan hal berikut:
  2. Tenangkan diri Anda
  3. Jika anak dalam posisi tidur telentang, miringkan tubuh anak ke salah satu sisi
  4. Jangan memberikan minuman apapun pada saat anak mengalami kejang karena minuman dapat menyebabkan cairan masuk ke dalam paru-paru
  5. Jika ada, memberikan obat untuk meredakan kejang untuk pertolongan pertama. Obat ini biasanya dimasukkan melalui dubur. Jika anak Anda telah memiliki kejang, meminta dokter untuk meringankan kejang dan selalu mempersiapkan persediaan di rumah.
  6. Bawa segera ke fasilitas pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit terdekat untuk perawatan segera.

No comments:

Post a Comment